Panduan Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

cara berbisnis yang benar

Kalau Anda sudah membaca sampai di sini, tetapi masih bingung juga dan belum menemukan produk untuk dijual, bisa coba mulai dengan bisnis PPOB. Dengan website/landing page/katalog ini orang bisa membaca penawaran Anda, melihat visualisasi dari produk/layanan Anda dan juga melakukan aksi yang Anda harapkan. Jadi ketika Anda sudah memulai bisnis online dan mendapatkan hasil yang tidak sesuai harapan, maka berpikirlah positif, mungkin rezeki Anda memang seperti itu. Jangan patah semangat, terus berdoa dan perbaiki ikhtiar Anda.

Di bisnis offline dan bidang lainpun kita butuh ketekunan untuk meraih apa yang kita inginkan. Justru orang-orang seperti kita ini, yang sudah mendedikasikan hidupnya untuk menjadi pengusaha, harusnya senantiasa optimis. Perjuangan kita itu mulia lho mas, bahkan bisa dibilang kita termasuk pahlawan tanpa tanda jasa. Yang perlu kamu lakukan sekarang, adalah temukan pasar kamu. Tidak harus selalu lewat internet, tetapi juga bisa lewat jalur offline, bahkan teman-teman kantor, kenalan, tetangga yang punya usaha, itu juga bisa jadi hot prospek mu.

Bangun relasi dan ceritakan tentang usaha bapak dan website milik bapak tersebut. Makasih gan, saya sering melihat banyak orang yang ingin mulai berbisnis online, namun bingung apa yang harus dilakukan untuk pertama kali. Yap, memang ngga cuma di bisnis online saja yang perlu konsistensi.

Mentor ini bisa teman Anda, orang tua, saudara, guru, dosen, maupun pelaku bisnis yang Anda anggap sudah berhasil dalam bidang usaha yang digelutinya. Nah, proses inilah yang dilakukan oleh sistem, sehingga ketika si owner ingin jalan-jalan atau memutuskan tidak ingin aktif lagi di usaha yang sudah dia rintis, bisnis itu masih tetap bisa jalan. Memang, salah satu kunci sukses yang harus diasah untuk memulai suatu usaha untuk yang pertama kalinya, adalah mengasah kemampuan menjual kita. Kadang ini juga bisa dijadikan parameter apakah seseorang itu serius dalam menjalani bisnis online atau tidak. “Tempat” dalam hal ini bisa kita alihkan ke suatu bentuk “tempat digital” yang bisa diakses secara online melalui internet. Tempat itu bisa berbentuk website, toko online, media sosial, maupun situs marketplace. Sehingga bisa dijadikan batu loncatan dan sarana pembelajaran untuk bisnis online lainnya yang lebih menantang.

cara berbisnis yang benar

Dan keuntungan bagi kita, adalah naiknya trafik pengunjung sehingga website kita bisa lebih kita optimasi untuk mendatangkan uang lewat online. Tentunya dengan memasang produk yang relevan dengan isi konten tema website kita. Satu hal yang dari dulu saya pegang, baik menjalankan bisnis di offline maupun online, bisnis itu TRUST.

Tanpa adanya kepercayaan, tidak akan ada transaksi, dan tidak ada bisnis. Disini perlunya kita membangun komunikasi dengan calon pelanggan. Contohnya seperti produk-produk fashion, aksesoris HP dan komputer, gadget mobile, produk kerajinan yang unik dan banyak disukai oleh pasar, atau bisa yang lainnya. Atau bisa juga jual jasa, seperti jasa pembuatan website, jasa desain, dsb. Semisal berminat di dunia digital, bisa juga jual produk digital seperti ebook, template website, tools / software, dsb. Disitu sudah disediakan panduan lengkap untuk memulai bisnis online, dikelola oleh coach bisnis online, Lutvi Avandi. Namun kalau boleh saran, misal ada peluang untuk kerja dulu, lebih baik ambil kesempatan itu.

Jangan terburu-buru menggandakan keuntungan dengan memulai bisnis ke dua. Pastikan bisnis yang Anda kelola saat ini sudah benar-benar stabil, baik dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya. Jika bisnis pertama sudah berjalan dengan baik, pikirkan secara perlahan namun pasti untuk membuka bisnis kedua. Meskipun begitu, tiap-tiap orang bisa berbeda sih dalam menjalankannya. Kadang juga harus melalui masa-masa pencarian jati diri / passion / kecocokan usahanya dimana. Kalau sudah bisa bikin website, saya rasa bisa lebih diperbanyak promosinya pak.

Hilangkan prasangka bahwa start bisnis dari nol adalah sesuatu nun mustahil untuk dikerjakan. Setiap perjalanan dagang pasti ada daur “naik dan turun”. Saat bisnis nun Anda kelola padahal di atas siklon, jangan cepat berpuas diri apalagi congkak. Begitupun pada ketika bisnis Anda padahal lesu, jangan penghujung putus asa. Uraikan hati dan jangan malu untuk bertanya kepada orang yang lebih sukses dari Anda!

Maka dari itu sebelum Anda belajar tentang memulai bisnis online lebih jauh lagi, miliki dulu mindset yang benar tentang bisnis online. Dan ketika Anda tidak mempunyai mindset bisnis online yang benar, sekali Anda jatuh, selamanya Anda akan terus terpuruk dan menyalahkan keadaan. Kondisi seperti ini bisa diubah kalau Anda mengubah mindset Anda. Tidak hanya itu dengan mindset yang benar tentang bisnis online, sekalipun Anda mengalami kegagalan, maka kegagalan itu tidak akan membuat Anda terpuruk. Dengan mindset yang benar, begitu mengalami kegagalan dalam bisnis, Anda akan segera bangun dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang menyebabkan Anda jatuh. Mindset ini kami tempatkan di posisi pertama adalah karena hal yang paling penting di dalam bisnis online. Sebaiknya kamu bisa memilih teman atau mentor untuk menjadi penasehat.

Karena mas kan juga butuh makan, butuh biaya utk kehidupan sehari-hari, jadi setidaknya kita tidak merepotkan orang lain. Sama-sama kang Andri, terima kasih juga atas doa dan semangatnya. Moga-moga sedikit info tentang cara memulai bisnis online ini bisa bermanfaat buat akang dan rekan-rekan yang lain. hatur nuhun informasinya, saya memang baru mau mulai bisnis online… insya Allah informasi dan saran dari kang Aan menjadi acuan dan pedoman buat saya. Saya salut dengan semangatnya Kadek Ayin dalam memulai bisnis online nya. Semoga kian berkembang, lebih bermanfaat, dan menemukan jalan supaya bisnisnya bisa lebih menghasilkan dan menguntungkan.